Jum'at, 20 September 2024

Berita

RAGAM ACARA FESTIVAL PAMALAYU MULAI DIGELAR DI DHARMASRAYA

Sutan Riska Larang Jamuan Rakyat Gunakan Bahan Plastik

DHARMASRAYA - Pasca dilaunching pada 22 Agustus lalu di Museum Nasional Jakarta, Festival Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya akan berlanjut dengan ragam acara.

Salah satu kegiatan yang dirancang pemerintah daerah sebagai rangkaian dari alek gadang ini adalah Arung Pamalayu, yang menurut rencana akan digelar pada 23 September mendatang.

Acara berupa karnaval perahu di perairan Sungai Batanghari ini adalah semacam napak tilas dan media edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana Sungai Batanghari memiliki peranan besar dalam perjalanan sejarah Dharmasraya di masa lampau.

Ragam kegiatan akan mewarnai acara Arung Pamalayu ini. Diantaranya talkshow kesejarahan dengan menghadirkan sejumlah narasumber serta pesta rakyat dengan suguhan beragam makanan tradisional khas Dharmasraya, yang akan dipusatkan di komplek Candi Padang Roco.

Menurut Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Budi Waluyo, dari hasil rapat persiapan pelaksanaan acara Arung Pamalayu yang digelar di rumah dinas bupati, Senin (02/09), khusus untuk acara pesta rakyat, segala bentuk makanan dan minuman akan disuguhkan dengan cara-cara tradisional. Mulai dari cara memasaknya, hingga penyajiannya.

"Jadi dipastikan nanti tidak akan ada ditemukan kemasan plastik dalam setiap jamuan yang disediakan. Semua memakai alat-alat tradisional. Apakah itu tempat makan, tempat minum dan lain sebagainya," ujar Budi.

Kata Budi, ini juga merupakan salah satu cara bupati memberikan edukasi kepada masyarakat lewat Festival Pamalayu. "Jadi, disamping memberikan edukasi tentang sejarah Dharmasraya, melalui kegiatan ini bupati juga ingin mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik agar dapat meminimalisir munculnya sampah plastik, yang memiliki dampak bahaya terhadap kesehatan dan lingkungan. Ya dapat dikatakan semacam kampanye anti plastik lah," tukuk Budi.

Dan memang, imbuh Budi, pengelolaan sampah menjadi salah satu isu prioritas lingkungan hidup yang diangkat oleh bupati Sutan Riska saat ini untuk mempertahankan penghargaan nasional di bidang lingkungan, yakni Nirwasita Tantra, yang sudah pernah diraih Dharmasraya selama tiga tahun berturut-turut.

Information

Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Dharmasraya berdiri berdasarkan peraturan daerah kabupaten Dharmasraya Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (Lembar Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2016 Nomor 6, tambahan lembaran Daerah Kabupaten Dharmasraya Nomor 64).

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya merupakan OPD yang baru dibentuk pada Tahun 2017 yang sebelumnya merupakan Bidang Komunikasi dan Informatika pada SKPD Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Pariwisata dan Budaya Kabupaten Dharmasraya, sedangkan Bidang Persandian merupakan salah satu dari kegiatan Bidang Komunikasi dan Informatika yang saat ini menjadi Bidang Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika. Bidang Statistik Merupakan pecahan dari salah satu bidang pada BAPPEDA yang mana saat ini menjadi Bidang Statistik di Dinas Komunikasi dan Informatika yang bergerak dibidang Statistika Sektoral yakni bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, Politik dan Ham.

Get In Touch

Jalan Lintas Sumatera KM 5 Sikabau.
Pulau Punjung.
Sumatera Barat.
Kode Pos. 27573.
No. Telp. (0754) 451578