Jum'at, 14 Juni 2024

Berita

Tingkatkan disiplin pegawai, Pemkab Dharmasraya berlakukan aplikasi absensi online (ABON)

DISKONINFO - Senin, 16 Januari 2023 09:00 WIB di Aula Lantai I kantor Bupati Dharmasraya Bimtek Aplikasi Absensi Online.

Pulau punjung- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mulai menerapkan penggunaan aplikasi absensi online bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu, Senin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya, Rovanly Abdams didampingi oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dan Ana Setiawati di Aula Lantai I kantor Bupati Dharmasraya, Senin. Pelaksanaan Bimbingan Teknis Aplikasi Absensi online di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, akan dilakasnakan pada hari Senen, Selasa, Rabu dan Jumaat Kepada masing - masing OPD.

Uji coba absensi online ini sudah dilakukan sejak November 2022 hingga akhir Desember lalu.

menurutnya penerapan absensi online di lingkungan Pemkab Dharmasraya diperkuat dengan Surat Edaran Dari Sekretaris Daerah Garing BKPSDM Kabupaten Dharmasraya.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka terhitung mulai Bulan Februari 2023 Nanti aplikasi absensi online ini telah Siap diterapkan pada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya

katanya, seluruh PNS di lingkup Pemkab Dharmasraya diharapkan dapat menggunakan aplikasi absensi online tersebut. Bagi OPD yang terkendala dalam penggunaan aplikasi, diminta agar berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Diskominfo Kabupaten Dharmasraya.

Sebab, aplikasi absensi online ini dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya,

Ia menekankan bagi pegawai yang belum menggunakan aplikasi absensi online terus dihimbau untuk menggunakan aplikasi ini.

"Di setiap OPD ini ada administrator absensi online yang bisa melacak penggunaan dan kehadiran pegawai, bisa juga menjawab kendala yang dihadapi oleh pegawai lain di kantor tersebut. Karena petugas administrator ini sudah kita bekali pelatihan seputar absensi online," katanya.Ia menambahkan bahwa penggunaan aplikasi absensi online berbasis android ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai dan mengikuti perkembangan teknologi.

Information

Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Dharmasraya berdiri berdasarkan peraturan daerah kabupaten Dharmasraya Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (Lembar Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2016 Nomor 6, tambahan lembaran Daerah Kabupaten Dharmasraya Nomor 64).

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya merupakan OPD yang baru dibentuk pada Tahun 2017 yang sebelumnya merupakan Bidang Komunikasi dan Informatika pada SKPD Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Pariwisata dan Budaya Kabupaten Dharmasraya, sedangkan Bidang Persandian merupakan salah satu dari kegiatan Bidang Komunikasi dan Informatika yang saat ini menjadi Bidang Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika. Bidang Statistik Merupakan pecahan dari salah satu bidang pada BAPPEDA yang mana saat ini menjadi Bidang Statistik di Dinas Komunikasi dan Informatika yang bergerak dibidang Statistika Sektoral yakni bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, Politik dan Ham.

Get In Touch

Jalan Lintas Sumatera KM 5 Sikabau.
Pulau Punjung.
Sumatera Barat.
Kode Pos. 27573.
No. Telp. (0754) 451578