Kamis, 19 September 2024

Berita

Bupati Dharmasraya Ajak Jaga Alam dan 276 Kepala Keluarga Terima Bantuan

Dharmasraya - Menyikapi perubahan iklim global yang terjadi pada periode November 2019 sampai dengan Maret 2020, diperkirakan oleh BMKG akan terjadi cuaca exstrim dengan curah hujan yang tinggi pada beberapa wilayah di Indonesia termasuk Provinsi Sumatera Barat, terkhusus lagi di Kabupaten Dharmasraya yang sudah dirasakan dampaknya sejak awal Desember 2019 lalu.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada Selasa (14/1/2020), bersama unsur terkait Instansi Vertikal, TNI/Polri, komunitas penggiat penanggulangan bencana, kalangan dunia usaha, dan lainnya mengadakan apel siaga bencana di halaman kantor bupati Dharmasraya.

"Agar dalam menyelenggarakan penanggulangan bencana di Dharmasraya dapat terselenggara kan dengan lebih efektif, efisien, dan terkelola dengan baik serta yang terpenting keberadaan aparatur dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh bencana yang terjadi", kata Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya dalam sambutannya selaku pembina apel. Kemudian beliau juga mengajak masyarakat untuk menjaga alam, agar alam juga menjaga kita.

Kemudian selaku kepala Daerah, Sutan Riska mengajak masyarakat agar lebih waspada terutama yang berdomisili di sepanjang aliran Batanghari dan sepanjang aliran sungai kecil lainnya. "Tiga hari yang lewat saya berjumpa Bapak Donni Manardo, selaku Kepala BNPB pusat, saya meminta bantuan edukasi kesiap siagaan bencana terhadap masyarakat Dharmasraya, kemudian diadakan edukasi ke sekolah-sekolah". Kata Sutan Riska lagi.

Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan kepada warga Dharmasraya yang terkena musibah banjir dan tanah longsor pada waktu yang lalu, bantuan yang diserahkan oleh bupati berupa makanan pokok tambahan. Kepala BPBD Dharmasaya, Eldison menambahkan, delapan Nagari yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor pada waktu yang lalu kondisinya sudah kondusif. "Sebanyak 276 Kepala Keluarga yang terdampak kemarin tersebar di delapan Nagari, yaitu Nagari IV Koto Pupu, Gunung Selasih, Sikabau, Sitiung, Siguntur, Tebing Tinggi, Gunung Medan, dan yang terkena longsor di Silago" tutup Eldison. Humas

Information

Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Dharmasraya berdiri berdasarkan peraturan daerah kabupaten Dharmasraya Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (Lembar Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2016 Nomor 6, tambahan lembaran Daerah Kabupaten Dharmasraya Nomor 64).

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya merupakan OPD yang baru dibentuk pada Tahun 2017 yang sebelumnya merupakan Bidang Komunikasi dan Informatika pada SKPD Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Pariwisata dan Budaya Kabupaten Dharmasraya, sedangkan Bidang Persandian merupakan salah satu dari kegiatan Bidang Komunikasi dan Informatika yang saat ini menjadi Bidang Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika. Bidang Statistik Merupakan pecahan dari salah satu bidang pada BAPPEDA yang mana saat ini menjadi Bidang Statistik di Dinas Komunikasi dan Informatika yang bergerak dibidang Statistika Sektoral yakni bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, Politik dan Ham.

Get In Touch

Jalan Lintas Sumatera KM 5 Sikabau.
Pulau Punjung.
Sumatera Barat.
Kode Pos. 27573.
No. Telp. (0754) 451578